Polisi Beberkan Kronologi TNI Gadungan yang Tipu Warga Hingga Puluhan Juta Rupiah

Selasa, 19 September 2023 – 15:30 WIB
Polisi Beberkan Kronologi TNI Gadungan yang Tipu Warga Hingga Puluhan Juta Rupiah - JPNN.com Jabar
Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Hadi Kristanto. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Seorang TNI gadungan bernama Rahman Nudin diamankan polisi karena telah menipu dua orang dengan total kerugian puluhan juta, di Kota Depok.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Hadi Kristanto mengatakan motifnya yang bersangkutan menggunakan seragam dan atribut TNI tanpa hak.

“Karena yang bersangkutan juga bukan termasuk dalam yang berhak mengenakan. Hal itu dilakukan pelaku untuk menawarkan, promosi dan meyakinkan orang-orang bahwa yang bersangkutan bisa melakukan pengurusan atau bisa melakukan sesuatu dengan hal itu,” ucapnya, Selasa (19/9).

Dengan aksinya tersebut, sejauh ini sudah ada dua orang yang diketahui menjadi korban.

Dia mengungkapkan awalnya pada Maret 2023, pelapor meminta bantuan untuk melaksanakan pengurusan sertifikat, perbaikan dan lainnya yang terkait dengan BPN.

“Namun ternyata, tiga sampai empat bulan tidak ada tindak lanjut, padahal pelaku sudah mengambil uang yang katanya untuk pengurusan,” tuturnya.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan penulusuran, selama beraksi selama dua tahun sudah ada dua orang yang tertipu.

“Kerugian yang sudah kami dapatkan kurang lebih sekitar Rp 8 jutaan, korban pertama. Kemudian ada juga yang selanjutnya kurang lebih Rp 30 juta, dan masih kami dalami termasuk laporan polisinya,” ungkapnya.

Polisi sebut Rahman Nudin yang merupakan TNI gadungan telah menipu dua orang dengan total kerugian hingga puluhan juta. Begini cara pelaku beraksi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News