Pemkab Bogor Bakal Menyulap Kecamatan Cijeruk Jadi Sentra Bibit Durian

Kamis, 01 September 2022 – 10:30 WIB
Pemkab Bogor Bakal Menyulap Kecamatan Cijeruk Jadi Sentra Bibit Durian - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan beserta jajaran saat berkunjung ke Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor berwacana menjadikan Kecamatan Cijeruk sebagai sentra bibit durian, karena bibit dari wilayah itu dinilai dapat menghasilkan durian yang berkualitas.

"Jadi, kalau ada wisatawan yang datang ke Kabupaten Bogor ingin mencicipi durian bisa diajak ke Cijeruk," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Menurutnya rencana menjadikan Cijeruk sebagai sentra bibit durian itu didukung dengan akan dibangunnya rest area di sekitaran Cijeruk. Sehingga, rest area tersebut akan menjadi lokasi dari sentra bibit durian.

Namun, Iwan berpesan kepada dinas terkait untuk melakukan pembinaan maksimal kepada petani di Cijeruk, agar bibit durian yang dihasilkan tetap terjaga kualitas unggulannya.

"Maka perlu pembinaan yang maksimal kepada para petani di Cijeruk ini menuju petani modern dan petani milenial, agar mereka memiliki kemampuan yang baik tidak hanya dalam proses pertaniannya saja, tetapi dari packaging, hingga pemasarannya juga baik," kata Iwan.

Camat Cijeruk, Bangun Sapta menyebutkan bahwa tidak sedikit petani dari daerah lain mengambil bibit durian dari wilayahnya.

Dia pun meminta kepada masyarakat Bogor agar menanam bibit durian asal Cijeruk, sehingga bisa sama-sama menikmati buah durian dengan kualitas yang baik.

"Kalau daerah lain saja menanam dengan bibit dari kami, kenapa tidak kita coba menanamnya. Bahkan saya minta setiap warga bisa menanam minimal satu pohon durian. Alhamdulilah selain dari bibit kami juga menuai hasil dari buahnya," kata Bangun.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berwacana menjadikan Kecamatan Cijeruk sebagai sentra bibit durian. Begini alasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News