Sungai Cisarua Meluap, 2.407 Warga di Desa Purasari Bogor Jadi Korban

Kamis, 23 Juni 2022 – 16:16 WIB
Sungai Cisarua Meluap, 2.407 Warga di Desa Purasari Bogor Jadi Korban - JPNN.com Jabar
Potret Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, pascaditerjang banjir bandang. Foto : Dokumen BNPB.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sekitar 600 rumah di Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor diterjang banjir bandang pada Rabu (22/6) malam.

Diketahui, peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang cukup lama mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan Sungai Cisarua meluap.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, ada sekitar 602 KK atau 2.407 jiwa terdampak akibat peristiwa tersebut.

“Dari jumlah tersebut, tiga warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang. Dan ada 5 KK atau 20 jiwa yang mengungsi,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6).

Dari laporan visual BPBD Kabupaten Bogor, beberapa potongan batang pohon beserta material lumpur yang terbawa arus mengenai beberapa rumah warga sehingga mengakibatkan kerusakan.

“BPBD Kabupaten Bogor mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, satu unit rumah rusak sedang, lima unit rumah rusak berat, akses jalan desa penghubung antara RT 01, 02, 03, 04 dan 06 terputus dan satu gedung pesantren Al-Insyiro terdampak,” jelasnya.

Dalam upaya percepatan penanganan peristiwa ini, tim gabungan akan segara mengambil langkah cepat dan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait.

“Upaya pendataan saat ini terkendala dengan akses jalan yang terputus, tetapi saat ini banjir sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan material banjir dari rumah masing-masing,” terangnya.

Sekitar 600 rumah di Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor diterjang banjir bandang akibat luapan air dari Sungai Cisarua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News