Ratusan Rumah Warga di Kampung Cilengkong Bandung Barat Terisolir

Minggu, 17 April 2022 – 13:15 WIB
Ratusan Rumah Warga di Kampung Cilengkong Bandung Barat Terisolir - JPNN.com Jabar
Petugas gabungan SAR Bandung sedang membersihkan lumpur imbas kejadian banjir bandang disertai tanah longsor di Kampung Cilekong, Sukaresmi, Bandung Barat. (Foto: Humas Kantor SAR Bandung)

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Ratusan kepala keluarga (KK) di Kampung Cilengkong, Sukaresmi, Kabupaten Bandung Barat, terpaksa harus mengungsi lantaran kampung tempat mereka tinggal terisolir akibat banjir bandang dan tanah longsor.

Bencana ini terjadi akibat hujan intensitas tinggi dengan waktu cukup panjang pada Kamis (14/4) malam.

Hal itu menyebabkan tebing-tebing setinggi 20 meter ambrol dan menutup akses jalan, lahan pertanian, serta sungai.

Di waktu yang sama, hujan deras memicu debit air sungai Cilengkong Girang meluap, sehingga terjadi banjir bandang yang menyapu persawahan milik warga.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, ada 90 KK yang harus diungsikan akibat bencana tanah longsor tersebut.

“Tercatat ada beberapa rumah terdampak. Laporan pemerintah desa ada 22 rumah. Namun, yang rusak berat ada 10 rumah yang untuk sementara diungsika ke rumah kerabatnya. Mereka diungsikan karena rawan terkena longsor lagi,” Kata Duddy dikonfirmasi, Minggu (17/4).

Lebih lanjut, bencana tanah longsor ini mengakibatkan Kampung Cilekong terisolir dan akses jalan yang terputus.

“Iya (terisolir), karena beberapa akses tertutup tidak bisa dilintasi hanya kendaraan roda dua, itu pun beberapa titik longsoran yang menutup akses,” terangnya. (mcr27/jpnn)

Banjir bandang disertai tanah longsor menerjang Kampung Cilengkong, Bandung Barat, akibatnya ratusan warga terisolir dan terpaksa mesti mengungsi.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News