10 Strategi Hanif Faisol Nurofiq Pimpin Kementerian Lingkungan Hidup

Senin, 21 Oktober 2024 – 15:00 WIB
10 Strategi Hanif Faisol Nurofiq Pimpin Kementerian Lingkungan Hidup - JPNN.com Jabar
Menteri Lingkungan Hidup, Hanif Faisol Nurofiq. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Hanif Faisol Nurofiq dilantik sebagai Menteri Lingkungan Hidup dalam kabinet menteri pemerintahan Presiden Prabowo pada hari Senin (21/10).

Pada penugasan barunya, Hanif menyampaikan dirinya telah menyiapkan 10 rancangan strategis untuk membangun kelembagaan Kementerian Lingkungan Hidup/Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (KLH/BPLH) periode 2024-2029.

Seperti diketahui, Presiden Prabowo juga telah menunjuk Diaz Hendropriono untuk mendampingi Hanif Faisol Nurofiq sebagai Wakil Menterinya.

Presiden berpesan agar menteri dan seluruh Wakil Menteri dapat bekerja sama dengan baik untuk kepentingan bangsa dan rakyat.

Saat ditanya wartawan, Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan bahwa KLH/BPLH diharapkan dapat menjadi lembaga yang lebih responsif dan strategis dalam menghadapi tantangan lingkungan dan efek perubahan iklim, serta mendukung visi besar Indonesia menuju tahun 2045, yaitu "Better Environment for Sustainable Investment."

Hanif menegaskan bahwa kelembagaan ini akan bekerja sinergis dalam menjaga lingkungan dan mendorong investasi berkelanjutan.

Ia menekankan bahwa situasi triple planetary crisis yang terdiri dari krisis perubahan iklim, pencemaran, dan kehilangan keanekaragaman hayati menjadi pondasi kerja KLH/BPLH.

"Untuk mewujudkan visi pemerintahan ini, terdapat beberapa misi utama yang diusung, yaitu mendorong ekonomi hijau dan biru dengan mengoptimalkan sumber daya alam secara berkelanjutan, memperkuat kemandirian dan kedaulatan negara, serta melindungi sumber daya alam dan lingkungan hidup," ucap Hanif Faisol Nurofiq, Senin (21/10).

Menteri Lingkungan Hidup, Hanif Faisol Nurofiq siapkan 10 strategi khusus untuk membangun kelembagaan lingkungan yang kuat
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News