4 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia di Tanah Suci

Selasa, 21 Mei 2024 – 18:00 WIB
4 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia di Tanah Suci - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok. JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sebanyak 4 orang jemaah haji asal Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia di Arab Saudi. Mayoritas mereka yang meninggal dunia mengalami penyakit jantung.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jabar Boy Haru Novian membenarkan kabar tersebut. Namun, ia tak memerinci identitas jemaah haji yang meninggal itu.

“Dari Indramayu satu orang di Madinah, dari Garut dua baru tadi, sama satu dari Sukabumi. Jadi total empat (yang meninggal) sementara ini. Rata-rata penyakitnya karena jantung,” kata Boy dalam keterangannya Selasa (21/5).

Adapun untuk proses pemakaman, kata Boy, jemaah haji yang meninggal dunia akan langsung dimakamkan di tanah suci. Sementara, proses pemulasaran akan dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini Maktab.

“Nanti semua di sana (dimakamkan) juga diurus oleh pihak maktab, nanti maktab akan menyelesaikan semua mulai dari pemulasaraan sampai pemakaman itu akan diurus,” jelasnya.

Selanjutnya, Kemenag Jabar bakal menginformasikan kepada pihak keluarga jemaah haji.

Setelah musim haji selesai, Kemenag akan mengurus asuransi dari pemerintah kepada jemaah haji yang meninggal dunia.

“Yang pertama kami menyampaikan ke keluarga, terus kemudian kami nanti membantu menguruskan setelah musim haji ada asuransi dari pemerintah. Nah itu akan diberikan langsung kepada jemaah oleh asuransi, kami hanya melengkapi berkas-berkasnya saja,” tuturnya.

Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan sebanyak empat orang jemaah haji asal Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia di tanah suci saat menjalani ibadah haji.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News