Begini Cara Unik Sendi Fardiansyah Peringati Hari Kartini

Minggu, 21 April 2024 – 22:35 WIB
Begini Cara Unik Sendi Fardiansyah Peringati Hari Kartini - JPNN.com Jabar
Bakal calon wali kota Bogor, Sendi Fardiansyah saat bersama Suhaemi atau yang lebih akrab dipanggil Mak Nonong. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Bakal calon wali kota Bogor, Sendi Fardiansyah punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2024, termasuk pesan penting apa saja yang sebaiknya diangkat dalam memaknai salah satu hari bersejaran ini.

Dalam pandangan Sendi yang juga sekretaris pribadi Ibu Negara, Iriana Jokowi itu, Hari Kartini harus dimaknai luas yang tak hanya berhenti pada pesan emansipasi.

"Hari Kartini itu penting dimaknai dalam konteks kekinian sebagai hari perjuangan seorang wanita, yang bukan hanya soal emansipasi, tetapi juga perjuangan dalam kehidupan keluarganya dan lingkungan sekitarnya," katanya, Minggu (21/4).

Sendi mencontohkan perjuangan tanpa lelah seorang ibu bernama Suhaemi yang akrab dipanggil Mak Nonong (62 tahun).

Demi menghidupi ketiga anaknya dan ibunya, Khomsah, yang berusia 95 tahun, Mak Nonong rela bekerja apa saja yang penting halal.

Selain berjualan di rumahnya yang sempit di jalan Lebak Kantin No 48 Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Mak Nonong juga sering diminta mencuci piring dan pakaian tetangganya yang membutuhkan.

Menurut Sendi, sosok wanita pejuang kehidupan seperti Mak Nonong itu sangat layak disebut sebagai Kartini sejati, meskipun Sendi mengakui, Kartini-kartini lain seperti Mak Nonong juga sebenarnya cukup banyak di tengah-tengah masyarakat.

"Ya, jujur saja, sebenarnya di tengah masyarakat kita saat ini cukup banyak juga wanita yang menjadi pejuang hidup sebagai tulang punggung di keluarganya yang juga layak disebut Kartini," ujarnya.

Seperti ini cara unik bakal calon wali kota Bogor, Sendi Fardiansyah dalam memperingati Hari Kartini di Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News