Jurus Jitu Pemkot Bandung Menghadapi Pengemis ’Musiman’ Saat Ramadan

Kamis, 07 Maret 2024 – 15:00 WIB
Jurus Jitu Pemkot Bandung Menghadapi Pengemis ’Musiman’ Saat Ramadan - JPNN.com Jabar
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna ditemui di Balai Kota Bandung. foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya mengantisipasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjelang Ramadan.

Salah satunya adalah menertibkan para pengemis ’musiman’ yang bermunculan di jalan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pemerintah telah mengadakan rapat dengan Dinas Sosial dan Satpol PP Kota Bandung soal penanganan PMKS.

Ia mengaku, sering mendapatkan keluhan dari masyarakat tentang aksi PMKS yang meresahkan di perempatan jalan.

”Ya kemarin kan kami sudah rapat koordinasi, nanti Dinas Sosial dan Satpol PP itu juga harus menjadi sesuatu yang kami tertibkan,” kata Ema di Bandung, Kamis (7/3).

Menurutnya, keluhan yang banyak diterimanya adalah banyak pengemis yang meminta-minta secara memaksa. Bahkan, terdapat pengguna jalan yang dicakar oleh pengemis karena tidak memberikan uang.

Selain itu, keluhan lainnya adalah tentang pengamen yang meminta paksa kepada wisatawan di Jalan Braga atau Jalan Asia Afrika. Kondisi tersebut membuat para pengunjung tidak nyaman berkunjung ke Kota Bandung.

Ema menegaskan pihaknya ingin semua pihak untuk tertib aturan termasuk akan melakukan penertiban terhadap PMKS yang menganggu kenyamanan.

Pemkot Bandung berupaya mengantisipasi kehadiran PMKS atau pengemis musiman saat Ramadan tiba.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News