Ini Hasil Monitoring Lengkap Nataru 2024 Dishub Jabar

Kamis, 28 Desember 2023 – 13:40 WIB
Ini Hasil Monitoring Lengkap Nataru 2024 Dishub Jabar - JPNN.com Jabar
Situasi di stasiun pada saat libur Nataru. Foto : Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub) Jawa Barat (Jabar) melaksanakan monitoring kegiatan pada masa liburan Natal 2023 dan tahun Baru 2024. 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jabar, A Koswara menuturkan, melalui monitoring pihaknya dapat memperoleh benang merah sebagai evaluasi dalam menyusun strategi yang lebih efisien, dan efektif untuk diterapkan pada hari raya besar mendatang seperti Angkutan Lebaran. 

Menurutnya, secara umum mobilitas masyarakat pada masa libur Nataru 2023/2024 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. 

Di antaranya, pemberlakuan kebijakan pelonggaran mobilitas masyarakat oleh pemerintah, lalu masyarakat merasa aman untuk bepergian di tengah pandemi Covid-19, serta adanya libur panjang yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berwisata atau mengunjungi keluarga. 

Selain itu, hadirnya berbagai destinasi wisata baru di berbagai kawasan yang tersebar di Jawa Barat (Jabar) memberikan dampak terhadap tingginya mobilitas kendaraan di sebagian besar ruas jalan. 

"Hal ini sangat kentara terjadi pada kawasan Lembang, Dago, dan Ciwidey. Kondisi jalan yang sempit dan berkelok-kelok, serta tingginya volume kendaraan besar seperti bus dan truk yang melintasi kawasan padat kendaraan menjadi faktor penyebab kepadatan," ucap Koswara dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (28/12). 

Lebih lanjut, kata Koswara, berdasarkan data yang dihimpun dari BPTJ, antusiasme masyarakat ini berdampak pada meningkatnya mobilitas pada ruas jalan tol Ciawi - Sukabumi, Jakarta - Bogor - Ciawi, Jakarta - Cikampek, Cibitung - Cilincing, dan Cikopo - Palimanan. 

Adapun peningkatan volume kendaraan pada seluruh ruas tol tersebut hingga sebesar 10%, hal ini terjadi pada tanggal 23 Desember 2023. 

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan monitoring pada masa libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Begini Hasilnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News