PKJ RSJMM Ajak Remaja di Bogor Deteksi Dini Kesehatan Jiwa

Senin, 30 Oktober 2023 – 16:30 WIB
PKJ RSJMM Ajak Remaja di Bogor Deteksi Dini Kesehatan Jiwa - JPNN.com Jabar
Potret acara bincang edukasi online dengan tema "Jaga Kesehatan Mental, Wujudkan Generasi Tangguh" di PKJ RSJMM, Senin (30/10). Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJ RSJMM), mengajak remaja agar terbuka terhadap deteksi dini kesehatan jiwa dengan mengikuti berbagai program dan layanan yang disediakan oleh rumah sakit untuk mencegah bunuh diri.

PKJ RSJMM telah memiliki layanan online 24 jam dan nomor WhatsApp yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat secara nasional untuk berkonsultasi.

"Anak muda saat ini kalau ada masalah, udahlah saya nyerah. Maka butuh pencegahan, meyakinkan mereka mau berkonsultasi dan menyediakan layanan. Kita sudah punya," kata Direktur Utama PKJN RSJMM, Dr. Nova dalam acara bincang edukasi online dengan tema "Jaga Kesehatan Mental, Wujudkan Generasi Tangguh" di PKJ RSJMM, Senin (30/10).

Menurut dia, penanganan dan pencegahan bunuh diri, khususnya oleh remaja yang mendominasi kasus dapat dilakukan dengan keterbukaan diri terhadap kesehatan mental dari dalam diri sendiri, bukan terpapar dari media sosial.

"Jadi, yang penting bukan mencegah bunuh diri, tetapi mengarahkan remaja ini menjadi versi terbaik menurut diri mereka, bukan dari media sosial," katanya.

Ia mengajak masyarakat, khususnya remaja tidak ragu berkonsultasi kesehatan mental pada layanan 24 jam PKJ RSJMM secara gratis.

Layanan tidak hanya untuk mereka yang merasa stress tetapi juga untuk yang butuh teman bicara mengenai masalahnya.

Dr. Nova menyebutkan prevalensi depresi di Indonesia yang didominasi oleh remaja mencapai 6,1 persen, psikosis atau seseorang yang tidak bisa membedakan mana kenyataan dan halusinasi sebanyak 7 per satu juta keluarga.

Pusat Kesehatan Jiwa Nasional Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJ RSJMM), mengajak remaja agar terbuka terhadap deteksi dini kesehatan jiwa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News