Pimpinan DPRD Kota Depok Minta Oknum Guru dan Kepsek yang Terlibat Pungli Dipecat

Selasa, 19 September 2023 – 12:00 WIB
Pimpinan DPRD Kota Depok Minta Oknum Guru dan Kepsek yang Terlibat Pungli Dipecat - JPNN.com Jabar
Ketua DPC PDIP Kota Depok, Hendrik Tangke Allo. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo (HTA) meminta Dinas Pendidikan Jawa Barat turun tangan untuk mengecek dugaan pungutan liar (pungli) di sekolah negeri yang ada di Kota Depok.

Dirinya mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini banyak menerima laporan dari orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SMA Negeri di Depok terkait adanya pungli.

“Beberapa SMA negeri, kejadiannya guru-guru dan komite sekolah mengadakan rapat dan memutuskan bahwa siswa melalui orang tua akan dipungut sumbangan sukarela untuk kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar (KBM),” ucapnya, Selasa (19/9).

Dia menerangkan sumbangan sukarela ini menjadi alat untuk berlindung, padahal ini merupakan pungli.

"Ini menjadi kedok, bahwa itu adalah sumbangan-sumbangan sukarela, padahal ini adalah pungli yang direstui oleh guru dan komiter sekolah. Mau enggak mau orang tua dan muridnya ada rasa khawatir jika itu tidak dilakukan, sehingga dengan terpaksa mereka mengikuti itu,” terangnya.

Dia menerangkan pungli tersebut dilakukan seperti pembelian buku, uang gedung, jalan-jalan dan sejenisnya.

“Kemudian ada juga yang dipaksa menonton kegiatan basket, di mana itu kalau tidak datang nilainya enggak bagus, ini kan engga bener,” tuturnya.

Dengan adanya hal tersebut, HTA meminta Disdik Jabar turun ke Depok untuk mengecek kebenarannya.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo (HTA) meminta Dinas Pendidikan Jawa Barat memberikan sanksi tegas kepada pelaku pungli di sekolah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News