Waga Mengeluh Harga Bapok Tinggi, Bapanas: Ada Keseimbangan Harga Baru

Jumat, 14 Juli 2023 – 14:15 WIB
Waga Mengeluh Harga Bapok Tinggi, Bapanas: Ada Keseimbangan Harga Baru - JPNN.com Jabar
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi saat meninjau harga beras dalam kunjungannya di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Jumat (14/7). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Sederhana, Kota Bandung pada Jumat (14/7).

Kedatangan Bapanas ini guna memantau ketersediaan bapok dan harga yang sempat melambung menjelang Hari Raya Iduladha, kemarin.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi mengatakan berdasarkan pantauannya, harga sejumlah bapok di Pasar Sederhana Bandung masih diambang batas wajar.

Adapun harga ayam potong Rp 40.000 per kg, telur ayam Rp 32.000 per kg, dan daging sapi Rp 140.000 per kg.

“Kami semua keliling untuk mengecek mengenai ketersediaan stok, kalau kami lihat semuanya sudah cukup. Kemudian, yang kedua mengenai harga, harga terpantau masih baik harganya, jadi kalau kami lihat ayam Rp 40 ribu, telur Rp 32 ribu per kg, sekilo itu isinya 16 (butir),” kata Arief kepada wartawan seusai sidak.

Arief mengungkapkan, sejak bulan Januari banyak peternak ayam mengeluhkan harga daging dan telur yang jatuh.

Maka dari itu, harus ada penyesuaian harga untuk menyelamatkan para peternak dari kebangkrutan.

“Dari ayam dan telur juga sama, bulan Januari lalu semua memang harganya jatuh, sehingga banyak para peternak yang menyampaikan kepada Presiden, kepada badan pangan, kepada Kementerian Perdagangan, bahwa kalau mau ayam dan telur ini berkelanjutan, masih bisa diproduksi, peternaknya tidak bangkrut itu harganya harus disesuaikan,” jelasnya.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi melakukan sidak harga bahan pokok di Pasar Sederhana, Kota Bandung. Harga bapok di sana masih masuk kategori wajar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News