Banjir Rob Rendam 400 Rumah di Pesisir Utara Karawang

Selasa, 07 Desember 2021 – 21:49 WIB
Banjir Rob Rendam 400 Rumah di Pesisir Utara Karawang - JPNN.com Jabar
Rob di pesisir utara Karawang. (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN KARAWAN - Sebanyak 400 rumah rumah warga di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, terendam banjir rob dampak cuaca ekstrem. Wilayah yang dilanda banjir rob merupakan wilayah langganan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang langsung terjunkan petugas ke lokasi terdampak. Diantaranya Dusun Tirtasari, Karangsari, dan Tanjungsari di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya.

"Petugas sudah diterjunkan ke lokasi," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Yasin Nasrudin saat dihubungi di Karawang, Selasa (7/12).

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD Karawang, rob di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Sekitar 400 rumah yang dihuni 650 keluarga atau 1.121 jiwa di tiga dusun di Desa Sedari terendam banjir dengan ketinggian air 40-50 sentimeter. Rob juga merendam 740 hektare tambak di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Karawang.

Yasin mengatakan sebenarnya warga sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Namun, banjir rob kembali terjadi sehingga petugas di lapangan kembali membantu evakuasi warga korban banjir karena air laut pasang tersebut.

Pemkab Karawang pun mengklaim telah menawarkan solusi dengan cara merelokasi warga. Namun tidak semua warga bersedia direlokasi. (antara/jpnn)

Ratusan rumah warga di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, terendam banjir rob dampak cuaca ekstrem
Sumber antara