Diprediksi Akan Terjadi Cuaca Ekstrim, Ini yang Akan Dilakukan Pemkot Depok

Selasa, 18 Januari 2022 – 11:20 WIB
Diprediksi Akan Terjadi Cuaca Ekstrim, Ini yang Akan Dilakukan Pemkot Depok - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Raden Gandara Budiana. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, melakukan berbagai langkah untuk menekan dampak dari cuca ekstrim yang diprakirakan akan terjadi hingga seminggu kedepan.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Raden Gandara Budiana mengungkapkan, telah melakukan beberapa antisipasi khususnya terkait potensi adanya banjir di beberapa titik wilayah.

“Kami telah memberikan edukasi terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran air atau sungai, serta membuat sumur resapan atau lubang biopori untuk menampung curah air hujan agar meresap ke dalam tanah,” ucapnya kepada JPNN.com, Selasa (18/1).

Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi terhadap masyarakat untuk tidak membuat bangunan rumah di sepanjang garis sungai, untuk meminimalisir terjadinya bencana.

“Upaya yang kami lakukan segera pada saat kejadian bencana banjir, baik tim reaksi cepat dari Mako maupun UPT terdekat dengan lokasi kejadian,” tuturnya.

Gandara menyebut, untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan terutama berupa penyelamatan korban, harta benda, evakuasi, pengungsian serta pendataan korban dan kerugian akan dilakukan oleh tim Penanggulangan Bencana (PB).

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor Indra Gustari menyebut masyarakat Kota Depok masih harus terus waspada dengan cuaca hari ini hingga sepekan kedepan.

Pasalnya, berdasarkan prakiraan Kota Depok akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Cuaca ekstrim sepekan kedepan, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan lakukan berbagai upaya sebagai pencegahan bencana hidrometeorologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News