Lima Desa Diterjang Banjir, Pemkab Garut Siap Memperbaiki Rumah Terdampak

Sabtu, 15 Januari 2022 – 06:30 WIB
Lima Desa Diterjang Banjir, Pemkab Garut Siap Memperbaiki Rumah Terdampak - JPNN.com Jabar
Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau daerah yang terdampak banjir di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (14/1). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memperbaiki rumah warga terdampak banjir di Kecamatan Selaawi. 

"Banyak yang tergenang, ya, dan kita juga nanti kalau yang sangat parah sekali untuk memperbaiki rumahnya dengan membersihkan lumpur, nanti kita, pemerintah daerah akan bantu," kata Rudy Gunawan seusai meninjau daerah yang direndam banjir di Kecamatan Selaawi, Jumat (14/1)

Rudy menuturkan, bencana banjir pada lima desa di Kecamatan Selaawi diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah itu, kemudian air Sungai Cikuya meluap dan menerjang pemukiman rumah warga, Kamis (13/1).

Banjir tersebut, lanjut Rudy, hanya menggenangi sejumlah rumah dan tidak ada warga yang harus mengungsi, semuanya sudah bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Alhamdulillah bencana kemarin yang terjadi di Selaawi akibat hujan yang sangat deras dan lama tidak terjadi korban jiwa," katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah telah melakukan upaya penanggulangan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat korban banjir.

Kebutuhan yang segera direalisasikan, diantaranya memperbaiki fasilitas umum yaitu saluran air bersih yang rusak karena diterjang banjir.

"Kita akan melakukan langkah-langkah cepat, terutama kami akan segera menyediakan saluran air bersih yang terganggu hampir beberapa kilometer yang dibangun oleh desa," katanya.

Pemkab Garut siap memperbaiki rumah warga terdampak banjir di lima desa, kecamatan Selaawi