Polisi Geledah Mobil Anggota GMBI, Isinya Mengejutkan

Sabtu, 29 Januari 2022 – 08:55 WIB
Polisi Geledah Mobil Anggota GMBI, Isinya Mengejutkan - JPNN.com Jabar
Dirreskrimum Polda Jabar Kombes Yani Sudarto memimpin penggeledahan ratusan kendaraan yang diduga milik anggota ormas GMBI, di halaman Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. (Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat (Jabar) menggeledah puluhan mobil yang diduga milik ratusan anggota organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang diamankan, Kamis (27/1) lalu. Hasilnya, ditemukan sejumlah senjata tajam. 

Penggeledahan mobil yang terparkir di lapangan Mapolda Jabar itu dipimpin oleh Dirreskrimum Polda Jabar Kombes Yani Sudarto.

Total Polda Jabar mengamankan 278 kendaraan mobil dan motor. Penggeledahan dilakukan secara bertahap.

"Kendaraan ini sebagain besar masih dalam kondisi terkunci. Cuma sebagian yang terbuka saja. Dari beberapa sampling yang kami ambil, ditemukan ada beberapa senjata tajam dan juga balok, ada golok," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Sabtu (29/1).

Ibrahim menambahkan, setelah proses klarifikasi dan identifikasi kendaraan, pemilik kendaraan yang tidak terlibat dalam tindak pidana bisa melaporkan kendaraannya. 

"Untuk kendaraannya nanti setelah kami klarifikasi dan identifikasi kendaraannya, kemudian nanti pemilik akan juga melaporkan kendaraan untuk bisa diambil apabila tidak tersangka tindak pidana, tetapi kalau memang ada sangkutan tindak pidana, nanti kami akan melakukan pengembangan kembali," kata Ibrahim. 

Sebelumnya, dalam tragedi kericuhan yang terjadi di Mapolda Jabar, penyidik menetapkan Ketua Umum (Ketum) GMBI Fauzan sebagai salah satu tersangka.

Selain Fauzan, 10 anggota ormas GMBI lainnya pun ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik Ditreskrimum Polda Jabar menggeledah puluhan mobil yang diduga milik anggota GMBI. Apa saja isinya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News