Pemkot Bandung Tracing Asal Muasal Enam Pasien Omicron

Jumat, 21 Januari 2022 – 15:30 WIB
Pemkot Bandung Tracing Asal Muasal Enam Pasien Omicron - JPNN.com Jabar
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah melakukan tracing atau pelacakan terhadap enam warga Bandung yang terkonfirmasi virus covid-19 varian omicron. 

Diketahui, saat ini para pasien tengah menjalani proses karantina di pusat karantina Provinsi Jawa Barat Gedung BPSDM, Kota Cimahi. 

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, dari enam orang yang terdeteksi varian omicron ini diduga terpapar virus dari transmisi lokal. Sebab, tidak ada riwayat perjalanan luar negeri. 

"Dari enam orang terdeteksi ini ternyata mereka tidak melakukan kontak dengan orang melakukan perjalanan, jadi itu transmisi lokal," ujar Yana di Bandung, Jum'at (21/1). 

Maka dari itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sedang menelusuri asal muasal pasien tersebut terpapar varian omicron. 

"Jadi kami tracing (dengan) benar. Dari mana mereka kemungkinan mendapatkan kemungkinan paparan (varian omicron," jelasnya. 

Lebih lanjut, Yana mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan ditemukannya warga Bandung yang terpapar varian omicron yang disebabkan transmisi lokal. 

"Jadi ya yang pasti kan selalu saya sampaikan, virus pasti akan bermutasi dengan varian apa pun. Ini kan varian terbaru omicron punya karakter penyebaran yang cepat jadi diingatkan Pemerintah Pusat, (kalau) satu waktu penyebarannya ini akan terjadi di semua wilayah, termasuk di Kota Bandung," ujarnya.

Pemkot Bandung melakukan penelusuran kontak erat enam warganya yang terpapar varian omicron. Pasalnya, keenamnya diduga terpapar dari diduga transmisi lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News