Longsor Sumedang, Dua Hektar Sawah Tertutup Material Tanah

Sabtu, 15 Januari 2022 – 21:40 WIB
Longsor Sumedang, Dua Hektar Sawah Tertutup Material Tanah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Peristiwa tanah longsor terjadi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Jawa Barat, Sabtu (15/1) sore. 

Akibat longsor tersebut, dua hektar sawah serta aliran Sungai Cipeles tertutup material longsor. 

Berdasarkan informasi Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, kejadian longsor tersebut terjadi di Dusun Sukasari RT 03 RW 03, Kabupaten Sumedang. 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang Asep Ramdani menuturkan, bencana longsor tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi.

"Bencana longsor yang disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dari mulai pukul 13.20 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Longsor itu mengakibatkan tebing dengan ketinggian kurang lebih 150 meter dan lebar kurang lebih 80 meter," kata Asep dikonfirmasi, Sabtu (15/1).

Asep mengungkapkan, akibat longsor tersebut dua hektar sawah tertutup dan sebagian sawah terbawa longsoran dan menutup aliran sungai Cipongkor yang bermuara di Sungai Cipeles.

Beruntung, kejadian tersebut tidak memakan korban luka mau pun jiwa. 

"Hingga saat ini hasil informasi dari lapangan tidak ada korban jiwa," ujar Asep. 

Bencana tanah longsor disebabkan intensitas hujan tinggi di Kabupaten Sumedang menyebabkan dua hektar sawah tertutup material longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News