Polda Jabar Tangkap Komplotan Perampok Bersenjata di Karawang

Senin, 06 Desember 2021 – 18:01 WIB
Polda Jabar Tangkap Komplotan Perampok Bersenjata di Karawang - JPNN.com Jabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Chaniago dalam konferensi pers pengungkapan dan penangkapan pelaku perampokan dengan menggunakan senjata api, di Mapolda Jabar, Senin (6/12). (Nur Fidhiah Shabrina/Jpnn.com)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) bersama Polres Karawang berhasil mengungkap kasus perampokan bersenjata dari Bank Maybank di Bukit Indah Cikampek, Kabupaten Karawang.

Dari pengungkapan tersebut, Polisi berhasil mengamankan 7 orang tersangka berinsial CN, CA, MS, WCP, DY, AS, dan DH.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago menjelaskan, kejadian perampokan tersebut terjadi pada Jumat (26/11/2021). Kejadian bermula saat komplotan perampok tersebut mendatangi Bank tersebut menggunakan dua kendaraan roda empat sekitar pukul 11.48 WIB.

Kemudian, para pelaku masuk ke bank dengan menodongkan senjata api. Para petugas Bank diikat dengan tali dan sebagian dipaksa untuk membongkar brangkas untuk menyerahkan uang. Dari kejadian tersebut pihak Maybank mengalami kerugian hingga Rp. 400 juta.

Penentuan jam perampokan, lanjut Erdi, terbilang terencana dan sangat profesional. Pasalnya, mereka memanfaatkan momen ibadah shalat jumat untuk melakukan perampokan.

Sehingga, kondisi Bank saat kejadian sepi dan hanya menyisakan petugas Bank perempuan beserta petugas keamanan.

"Modus pencurian sangat unik dan spesifik," ucap Erdi saat ungkap kasus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (6/12/2021).

Erdi menuturkan, komplotan perampok tersebut terbilang profesional dalam urusan mencuri. Pasalnya mereka melakukan perampokan dengan sangat cepat dan sangat memahami situasi dan kondisi lokasi kejadian.

Polda Jabar dan Polres karawang tangkap komplotan perampok bersenjata api