Polisi Buru Dalang Kericuhan Demo GMBI di Mapolda Jabar

Kamis, 27 Januari 2022 – 21:07 WIB
Polisi Buru Dalang Kericuhan Demo GMBI di Mapolda Jabar - JPNN.com Jabar
Para demonstran yang diamankan tim polisi Polda Jabar dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan ormas GMBI, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (27/1). (Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memburu anggota organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang menjadi dalang kericuhan unjuk rasa di Mapolda Jabar, Kamis (27/1).

Dalam kejadian tersebut, diketahui ada anggota GMBI yang menaiki patung Macan Lodaya saat unjuk rasa tengah berlangsung. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya bakal mencari pelaku tersebut. 

"Iya, ini akan kami tindak dan kejar," ujar Ibrahim dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. 

Lebih lanjut, kata Ibrahim, pihaknya juga bakal menindak dalang dibalik kerusuhan unjuk rasa yang dilakukan ormas GMBI, siang tadi. 

"Polda Jabar juga melakukan pencarian aktor intelektual yang menginisiasi kegiatan ini serta memprovokasi timbulnya tindakan anarkis dari pengunjuk rasa tersebut," tegas Ibrahim. 

Sebelumnya, 725 anggota ormas GMBI diamankan Polda Jabar. Dari jumlah tersebut, diketahui 24 orang merupakan residivis. 

Ibrahim menyebut, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 85 kendaraan roda empat serta 193 kendaraan roda dua. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebut pihaknya akan memburu dalang di balik kericuhan demo GMBI di Mapolda Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News