Dugaan Pungli Perpanjangan SIM Polres Metro Depok Viral di Medsos, Ini Kata Polisi

Selasa, 06 Desember 2022 – 18:35 WIB
Dugaan Pungli Perpanjangan SIM Polres Metro Depok Viral di Medsos, Ini Kata Polisi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pungutan liar (pungli). Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Sebuah unggahan di media sosial twitter dari akun @disinisadat viral, lantaran mengunggah dugaan pungutan liar (Pungli) di Polres Metro Depok saat akan melakukan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Dalam cuitannya tersebut diungkapkan bahwa biaya yang diminta saat dirinya melakukan perpanjangan SIM A tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, padahal dirinya mengurus sendiri tanpa calo.

Dia menuliskan bahwa sebelum berangkat dirinya sudah mengecek biaya administrasi perpanjangan SIM, di mana biaya tersebut kurang lebih Rp 140 ribu, (Rp 80 ribu+cek kesehatan, Rp 25 ribu+asuransi Rp 30 ribu+registrasi Rp 5 ribu).

"Sebenarnya kalo selisih biaya normal vs pungli hanya Rp 50 ribu gue masih oke saja sih, tetapi ini Rp 120 ribu. Biaya yang tertera Rp 140 ribu, ditambah pungli-punglinyanya bisa sampai Rp 260 ribu. RP 260 ribu buat sekedar perpanjangan SIM dan mengurus sendiri pula, terlampau mahal sih menurut gue," tulis akun tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Bonifacius Surano mengatakan peristiwa itu terjadi pada hari Senin (5/12), sekitar pukul 09.00 WIB.

Seorang pria tersebut datang ke Polres Metro Depok untuk melakukan perpanjangan SIM setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan psikologi.

"Yang bersangkutan sudah membayar biaya kesehatan sebesar Rp 25 ribu dan biaya psikologi sebesar Rp 60 ribu di loket kesehatan dan psikologi," ucap Boni, Selasa (6/12).

Kemudian, yang bersangkutan datang ke loket pendaftaran dan bertemu dengan petugas, di sana diinfokan biaya SIM A dikenakan sebesar Rp 130 ribu.

Sebuah unggahan di media sosial viral, dari akun @disinisadat yang mengatakan bahwa terjadi dugaan pungli saat perpanjangan SIM A di Polres Metro Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News