Polisi Sebut Kecelakaan Maut di Ciamis Murni Kelalaian Sopir

Rabu, 25 Mei 2022 – 22:30 WIB
Polisi Sebut Kecelakaan Maut di Ciamis Murni Kelalaian Sopir - JPNN.com Jabar
Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro saat jumpa pers penetapan tersangka kasus kecelakaan bus pariwisata di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). ANTARA/HO-Polres Ciamis.

jabar.jpnn.com, CIAMIS - Kapolres Ciamis AKBP Tony P Yudhangkoro menyebut kecelakaan lalu lintas di kawasan Panumbangan, Ciamis murni akibat kelalaian sopir.

Pasalnya, kondisi rem bus berjalan dengan baik, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas.

"Kami simpulkan, kami yakini bahwa faktor manusia sebagai penyebab utama di mana si sopir IP (inisial tersangka) kami yakini kurang antisipatif dalam berkendara, apalagi dihadapkan pada jalan yang menurun," kata dia, saat jumpa pers penetapan tersangka kecelakaan bus pariwisata di Ciamis, Rabu (25/5).

Tony menuturkan, Polres Ciamis bersama Dinas Perhubungan telah melakukan olah tempat kejadian perkara termasuk memeriksa sopir, kondisi kelayakan kendaraan bus, maupun sarana dan prasarana di lapangan.

Hasilnya, kata Tony, bagian dari rem bus dikategorikan sudah cukup baik, atau kondisi normal. Namun, faktor sopir tidak menguasai teknik pengereman saat melaju di jalan turunan.

"Itu juga kami kaitkan dengan cara atau langkah antisipasi sopir sebelum turunan dengan mengoper persneling, itu juga kami kaitkan," katanya.

Dia menambahkan jajaran Satuan Lalu-lintas Polres Ciamis juga telah memeriksa sejumlah saksi yakni warga setempat, pemilik rumah, korban, maupun keluarga dari korban jiwa.

Hasil gelar perkara yang dilakukan Polres Ciamis, kata dia, menetapkan sopir bus inisial IP (43) sebagai tersangka yang saat ini sudah ditahan untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut.

Polres Ciamis memastikan kecelakaan bus di Panumbangan murni akibat kelalaian sopir. Pengereman bus dipastikan berjalan dengan baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News