Rp407 Miliar Siap Digelontorkan Pemkab Bogor Demi Program Samisade

Kamis, 30 Maret 2023 – 14:15 WIB
Rp407 Miliar Siap Digelontorkan Pemkab Bogor Demi Program Samisade - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan program satu miliar satu desa (Samisade) berlanjut pada tahun anggaran 2024 setelah membahasnya dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

"Samisade itu kan bagus, kami lanjutkan. Pembangunan sarana prasarana jalan itu tetap dilanjutkan, pendidikan juga kesehatan, serta fokus pada pelayanan publik dengan stabilitas pembangunan daerah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra.

Ia menyebutkan program bantuan keuangan infrastruktur desa itu bersama program prioritas lainnya telah dibahas dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 tingkat kabupaten di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Senin (20/3) kemarin.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa tahun ini Program Samisade juga telah dianggarkan dalam APBD 2023 dengan anggaran lebih besar dari tahun lalu, yakni Rp407 miliar.

Menurutnya, anggaran Samisade tahun ini akan dicairkan lebih awal pada triwulan III atau Juni.

Ia berharap penyerapan Samisade tahun ini maksimal seperti 2022, di mana penyerapan berdasarkan Surat Permohonan Pencairan Dana (SP2D) yang masuk ke Kas Daerah mencapai 99 persen dari alokasi sekitar Rp365 miliar pada APBD 2022.

Pertama kali dilaksanakan pada 2021, program Samisade yang dianggarkan melalui DPMD Kabupaten Bogor senilai Rp372 miliar untuk 415 desa itu berhasil mewujudkan pembangunan 473,7 kilometer jalan desa.

Kemudian, menghasilkan jembatan sepanjang 362 meter, 8.005 meter tembok penahan tanah (TPT), 4.297 meter saluran drainase, dan 1.700 meter saluran irigasi.

Pemkab Bogor memastikan program satu miliar satu desa (Samisade) berlanjut pada tahun anggaran 2024, dengan total anggarap Rp407 miliar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News