Diterjang Banjir Bandang, 12 Rumah di Kuningan Rusak dan Akses Menuju Ciamis Putus

Senin, 27 Maret 2023 – 10:10 WIB
Diterjang Banjir Bandang, 12 Rumah di Kuningan Rusak dan Akses Menuju Ciamis Putus - JPNN.com Jabar
Ilustrasi banjir. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KUNINGAN - Banjir bandang menerjang wilayah Kabupaten Kuningan. Akibatnya, belasan rumah di Desa Jamberama, Kecamatan Salajambe, mengalami kerusakan.

Selain itu, jembatan penghubung Kuningan dengan Ciamis juga terputus.

Humas BPBD Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, peristiwa banjir bandang itu terjadi pada Sabtu (25/3) kemarin. Banjir itu disebabkan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah tersebut.

“Hujan intensitas sedang hingga lebat mengguyut Desa Jamberama dari pukul 13.00 sampai 18.00 WIB mengakibatkan banjir bandang,” kata Hadi dalam keterangan resminya, Senin (27/3).

Hadi memaparkan, akibat banjir bandang tersebut, sebanyak 12 rumah mengalami rusak dan berdampak pada 12 keluarga yang harus mengungsi.

Selain membuat belasan rumah rusak, banjir bandang juga menghancurkan jembatan pelangi di Desa Ciberung, Kecamatan Salajambe.

Akibatnya, akses warga dari Kuningan menuju Ciamis terputus.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengungkapkan, banjir bandang disebabkan karena adanya pendirian bangunan di sepadan sungai.

Sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan dan akses menuju Ciami terputus pasca terjangan banjir bandang yang trejadi di Kabupaten Kuningan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News