Petugas Gabungan Temukan Kerangka Manusia di Lokasi Longsor Sate Sinta Cianjur

Minggu, 26 Maret 2023 – 19:40 WIB
Petugas Gabungan Temukan Kerangka Manusia di Lokasi Longsor Sate Sinta Cianjur - JPNN.com Jabar
Tim SAR gabungan kembali menemukan jasad korban tertimbun longsor di Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, sehingga korban meninggal dunia akibat gempa Cianjur 606 orang. (ANTARA/Ahmad Fikri)

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Tim SAR gabungan menemukan kerangka manusia diduga korban gempa disertai longsor yang tertimbun sejak empat bulan yang lalu, di lokasi Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (26/3).

Sehingga total korban yang berhasil ditemukan setelah gempa 5.6 magnitudo Cianjur, menjadi 606 orang dan empat orang lainnya masih dalam pencarian.

"Kami bersama tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, Basarnas dan Tagana, langsung melakukan evakuasi terhadap jasad korban yang sudah sulit dikenali karena sebagian besar anggota tubuhnya sudah membusuk dan tinggal tulang belulang," kata Kanit Binmas Polsek Cugenang, AKP Martha Wijaya, Minggu (26/3).

Jasad korban langsung dibawa ke RSUD Sayang Cianjur, untuk dilakukan visum dan otopsi yang akan dilakukan tim dari DVI Mabes Polri guna mengetahui jenis kelamin dan identitas korban yang sudah tertimbun sejak empat bulan yang lalu tepatnya saat gempa melanda Cianjur.

Sehingga ungkap Martha, korban yang sudah berhasil ditemukan setelah gempa dan longsor Cijedil, menjadi 606 orang dan empat orang lainnya masih dilaporkan hilang tertimbun di lokasi yang sama.

Koordinator Lapangan BPBD Cianjur, Herman mengatakan untuk pencarian korban gempa dan longsor yang belum ditemukan hingga saat ini di wilayah Sate Sinta-Cijedil dan Jalan Mangunkerta tetap dilakukan, meski tidak lagi menggunakan alat berat namun dengan pengawasan dan pemantauan.

"Untuk temuan hari ini, kami mendapat laporan dari anggota di lapangan yang melihat ada kerangka manusia tidak jauh dari lokasi Sate Sinta dalam kondisi sebagian kerangka kaki dan tangan terlihat muncul ke permukaan dan sebagian besar tubuh tertimbun," katanya.

Pencarian korban yang belum ditemukan, tambah Herman, tetap dilakukan sesuai laporan tinggal 4 orang dua di lokasi Sate Sinta dan dua lainnya di Jalan Mangunkerta sesuai laporan terakhir pihak keluarga sebelum longsor disertai gempa melanda Cianjur, Senin (21/11/2022) lalu. (antara/jpnn)

Tim SAR gabungan menemukan kerangka manusia diduga korban gempa disertai longsor yang tertimbun sejak empat bulan yang lalu, di lokasi Sate Sinta-Cijedil.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News