Tirta Kahuripan Komitmen Jaga Pasokan Air Bersih Selama Ramadan 2023

Rabu, 22 Maret 2023 – 09:40 WIB
Tirta Kahuripan Komitmen Jaga Pasokan Air Bersih Selama Ramadan 2023 - JPNN.com Jabar
Perumda Air Minum Tirta Kahuripan siap menjaga pasokan air bersih selama ramadan 2023. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Direksi Tirta Kahuripan menggelar rapat koordinasi divisi operasional dalam rangka antisipasi pelayanan air bersih menjelang Ramadan 1444 Hijriah.

Perubahan pola pemakaian air pada saat jam puncak dan strategi untuk menjaga pasokan air bersih hingga antisipasi gangguan pengaliran turut dibahas dalam rapat tersebut.

Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad menjelaskan selama ramadan terjadi perubahan pola jam puncak pemakaian air yang bergeser pada saat sahur dan buka puasa hingga tarawih.

Turut dibahas pula strategi dan antisipasi apabila ada gangguan mulai dari Instalasi pengolahan air hingga kebocoran pipa air bersih untuk pelanggan.

“Perubahan jam puncak pemakaian air pelanggan yang biasanya pada pagi hari dari pukul 04.00-08.00 WIB berubah menjadi pukul 02.00-07.00 WIB dan pada sore hari yang semula pukul 17.00-20.00 WIB berubah menjadi pukul 15.00-20.00 WIB. Untuk mengantisipasi hal tersebut petugas instalasi dan distribusi telah mengatur dan lebih siaga menjaga pasokan air di jam puncak tersebut," ujarnya, dalam keterangan resmi, Rabu (22/3).

Sedangkan untuk mengantisipasi gangguan di instalasi, baik karena faktor alam seperti banjir dan penurunan debit sungai, ataupun faktor nonalam seperti cemaran limbah dan kerusakan pompa air, sebagai langkah antisipasi pihaknya memaksimalkan daya tampung air di bak penyimpanan (reservoir).

Hal itu dilakukan agar pengaliran air bersih tetap terjaga hingga keadaan normal kembali.

"Selain itu, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah membentuk Tim Reaksi Cepat yang siaga 24 jam apabila terjadi gangguan yang didukung 11 unit armada tangki air berkapasitas 4000 liter di seluruh wilayah Kabupaten Bogor” ujarnya.

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan siap menjaga pasokan air bersih selama ramadan 2023, hingga menyiapkan sejumlah promo menarik di ramadan tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News