Teruntuk Para Pemuda, Ada Pesan Penting Nih Dari Puspolkam Ihwal Bonus Demografi 2030

Minggu, 05 Februari 2023 – 14:45 WIB
Teruntuk Para Pemuda, Ada Pesan Penting Nih Dari Puspolkam Ihwal Bonus Demografi 2030 - JPNN.com Jabar
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva dalam kegiatan Rakernas KNPI di Gedung Merdeka, Sabtu (4/2). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah diminta membuka ruang seluas-luasnya bagi pemuda untuk terlibat secara aktif pada berbagai pengembangan sektor penting di Indonesia.

Hal ini seiring potensi bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada 2030 mendatang.

Dewan Pembina Pusat Studi Politik dan Keamanan (Puspolkam) Indonesia, Firman Jaya Daeli mengatakan pemuda diharapkan bisa menjadi titik sambung bagi sektor ekonomi kreatif, pertanian, pariwisata, dan lainnya.

"Pemuda tetap menjadi instrumen yang harus dibuka ruangnya oleh pemerintah," kata Firman dalam keterangannya, Minggu (5/2).

Firman menuturkan pemaksimalan potensi pemuda di antaranya bisa dilakukan melalui penguatan konektivitas, terutama sebagai titik sambung untuk program seperti pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dilibatkannya pemuda diharapkan dapat mendorong manfaat yang lebih luas dari bonus demografi di masa mendatang.

Hanya saja, sambungnya, pemuda harus benar-benar memiliki integritas, kapasitas, personalitas, dan kapabilitas mengingat tantangan yang tidak mudah.

"Makanya saya berharap, KNPI sebagai sarana berhimpun bisa menjadi sarana bagi penyempurnaan visi sekaligus mampu mengakomodasi keseluruhan aspirasi dari hasi pergulatan pemikiran.

Menghadapi bonus demografi di tahun 2030, pemerintah diminta membuka ruang seluas-luasnya bagi pemuda agar terlibat aktif pada pengembangan berbagai sektor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News