112.835 Balita di Depok Jadi Sasaran Bulan Vitamin A

Sabtu, 04 Februari 2023 – 11:17 WIB
112.835 Balita di Depok Jadi Sasaran Bulan Vitamin A - JPNN.com Jabar
Kadinkes Kota Depok Mary Liziawati. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok kembali menggelar Bulan Vitamain A yang diadakan rutin setiap Februari dan Agustus.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawatu menyebutkan, sasaran dari program Bulan Vitamin A ini yakni balita usia 6 hingga 59 bulan.

"Balita yang menjadi sasaran pemberian vitamin A, yakni usia 6 hingga 59 bulan. Seluruh anak harus mendapatkan Vitamin A, untuk kekebalan tubuhnya agar terhindar dari penyakit," ucap Mary dikutip Sabtu (4/2).

Kata Mary, untuk sasaran Vitamin A kali ini yakni berjumlah 112.835 balita. Rinciannya, usia 6 hingga 11 bulan 11.476 anak, dan usia 12 hingga 59 bulan 101.359 anak. 

Dia menjelaskan, vitamin A atau retinol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Selain itu, juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. 

"Jika anak kekurangan vitamin A, maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi. Seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, vitamin A ini bisa didapatkan secara gratis di fasilitas kesehatan. Di antaranya Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Praktek Dokter, atau Bidan Praktek Swasta.

"Juga diberikan melalui pelayanan pada Posyandu," kata Zakiah.

112.835 anak usia 6 hingga 59 bulan menjadi sasaran vitamin A, yang akan dilakukan oleh Dinkes Depok
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News