Jalan Cikarang Bekasi Laut yang Amblas Mulai Diperbaiki Secara Bertahap

Rabu, 01 Februari 2023 – 12:30 WIB
Jalan Cikarang Bekasi Laut yang Amblas Mulai Diperbaiki Secara Bertahap - JPNN.com Jabar
Hari ketiga perbaikan jalan amblas di Ruas Jalan Cikarang Bekasi Laut, Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memperbaiki jalan amblas di ruas Cikarang Bekasi Laut (CBL), Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, akibat kontur jalan yang tidak stabil ditambah berada tepat di tepi sungai.

"Begitu mendapatkan laporan masyarakat terkait jalan amblas di CBL, kami langsung menuju lokasi untuk melakukan perbaikan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln, Rabu (1/2).

Dia menjelaskan peristiwa jalan CBL yang amblas sepanjang 25 meter itu terjadi sejak pekan lalu hingga memakan hampir separuh badan jalan sehingga menghambat aktivitas masyarakat.

Pihaknya menerjunkan sejumlah alat berat untuk memperbaiki ruas jalan yang amblas, termasuk pemasangan bronjong kawat berisi material bebatuan untuk memperkokoh pondasi tanggul yang berbatasan langsung dengan aliran sungai.

"Selain perbaikan jalan amblas, pemerintah daerah juga akan melaksanakan pekerjaan perbaikan di sepanjang ruas jalan CBL secara bertahap pada tahun ini," katanya.

Camat Cibitung Encun Sunarto mengaku ruas jalan ini rawan amblas meski sudah dilakukan pemasangan patok beton atau turap di tepi jalan yang berbatasan dengan sungai.

"Memang konturnya tidak stabil, jadi saat amblas akhirnya turap itu ikut bergeser. Alhamdulillah dinas terkait merespon cepat dengan langsung melakukan perbaikan," katanya.

Dia mengatakan longsor jalan di ruas ini kerap dikeluhkan masyarakat mengingat jalan tersebut merupakan akses utama aktivitas warga.

Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi mulai memperbaiki jalan amblas di ruas Cikarang Bekasi Laut (CBL).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News