Waspada Sesar Garsela, Pemkab Garut Gencar Sosialisasikan Mitigasi Bencana

Sabtu, 10 Desember 2022 – 08:45 WIB
Waspada Sesar Garsela, Pemkab Garut Gencar Sosialisasikan Mitigasi Bencana - JPNN.com Jabar
Bupati Garut Rudy Gunawan. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan sejumlah antisipasi kebencanaan di wilayahnya. Pasalnya, wilayah Garut memiliki kawasan sesar Garsela yang bisa menjadi ancaman untuk 8 Kecamatan, salah satunya wilayah Pasirwangi.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan yaitu memberikan edukasi sadar bencana kepada masyarakat.

Menurutnya, mitigasi kebencanaan bagi masyarakat sangat diperlukan.

"Mitigasi di Pasirwangi kami sudah ada SOP-nya, kalau terjadi kebencanaan ke mana, pertama ke ruang terbuka, ruang terbuka yang aman," kata Rudy Gunawan di Garut, dikutip Sabtu (10/12).

Kata Rudy, berdasarkan hasil kajian Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa Garut memiliki kawasan sesar Garsela di delapan kecamatan, salah satunya Kecamatan Pasirwangi yang menjadi perhatian pemerintah untuk mencegah risiko bencana.

"Kami sudah merumuskan dalam mitigasi ketika terjadi bencana, yang berhubungan dengan gempa bumi, semua berhati-hati, bencana ini mau tengah hari, mau malam hari," katanya.

Pemkab Garut pun sudah merumuskan dalam hal mitigasi bencana di kawasan sesar Garsela. Hal ini diharapkan bisa menjadi perhatian semua pihak untuk bersama-sama mewaspadai ancaman gempa.

"Kami tidak mau menakut-nakuti, tapi kami melakukan mitigasi kebencanaan di semua tempat, terutama ada di sesar Garsela," kata Rudy.

Memiliki kawasan sesar Garsela, membuat Pemerintah Kabupaten Garut terus melakukan sosiliasi mitigasi kebencanaan untuk masyarakat di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News