Polda Jabar Pulihkan Trauma Warga Astanaanyar Pascaaksi Bom Bunuh Diri

Jumat, 09 Desember 2022 – 13:30 WIB
Polda Jabar Pulihkan Trauma Warga Astanaanyar Pascaaksi Bom Bunuh Diri - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Tim dari Psikologi Polda Jabar memberikan trauma healing kepada jajaran personel Polsek Astanaanyar pascaaksi bom bunuh diri Bandung pada Rabu (7/12). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memberikan program pemulihan trauma bagi warga dan anggotanya di sekitar tempat kejadian perkara (TKP), bom bunuh diri Polsek Astanaanyar, Kota Bandung.

Warga di Kecamatan Astanaanyar menerima trauma healing dari polisi, satu hari setelah kejadian.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, trauma healing perlu dilakukan, mengingat peristiwa terjadi di tengah-tengah aktivitas masyarakat.

Apalagi, jarak TKP cukup berdekatan dengan pasar tradisional Anyar (Astanaanyar) yang ramai saat bom meledak.

“Pascakejadian kemarin, kami melihat ada kondisi-kondisi yang terjadi di masyarakat. Jadi untuk menghilangkan rasa trauma mungkin rasa kecemasan dengan masyarakat di sekitar TKP, kami melaksanakan trauma healing,” katanya dikonfirmasi, Jumat (9/12).

Adapun metode pemulihan dilakukan secara bertahap. Kepolisian yang terdiri dari polwan akan mengajak warga berbicara dari hati ke hati.

Hal itu agar warga bisa segera melupakan kejadian yang menewaskan sati personel itu.

“Jadi ada beberapa anggota yang terdiri dari polwan itu menghimpun masyarakat untuk mengajak berbicara, kemudian melakukan pendalaman terkait suasana kebatinan yang dirasakan, dan juga mereka diajak untuk melupakan kejadian ledakan tersebut,” jelasnya.

Kepolisian memberikan program trauma healing bagi warga sekitar di TKP bom bunuh diri Polsek Astanaanyar, Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News