Waspada Bestie, 5 Makanan dan Minuman Lezat Ini Bisa Menjadi Pemicu Asam Urat

Selasa, 06 Desember 2022 – 09:30 WIB
Waspada Bestie, 5 Makanan dan Minuman Lezat Ini Bisa Menjadi Pemicu Asam Urat - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Daging merah. Foto: Independent

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Asam urat merupakan penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar purin dalam tubuh Anda. Kadar purin yang tinggi ini bisa menyebabkan radang pada sendi-sendi tubuh Anda yang menyakitkan.

Selain itu, asam urat juga bisa terjadi akibat faktor keturunan. Untuk mengatasi asam urat, biasanya Anda mengonsumsi obat.

Tahukah Anda, ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang bisa menjadi pemicu timbulnya asam urat pada tubuh Anda? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Minuman manis

Minuman bersoda dengan tambahan gula memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yang bisa meningkatkan kadar asam urat dan risiko asam urat.

Sebuah studi di Seminars in Nephrology menemukan hubungan antara minuman manis dan peningkatan risiko asam urat. Asam urat terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam tubuh.

2. Alkohol

Ketika tubuh Anda memecah purin, itu membentuk asam urat. Alkohol merupakan sumber purin yang bisa meningkatkan risiko asam urat.

Namun, tidak semua alkohol itu sama, beberapa memiliki kandungan purin yang rendah di dalamnya. Penelitian telah menemukan bahwa bir mengandung kandungan purin tertinggi.

3. Daging

Daging merah dan jeroan merupakan makanan yang juga bisa meningkatkan risiko asam urat.

Lima makanan dan minuman lezat ini bisa menjadi pemicu asam urat. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di sini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News