Kemenperin Gandeng Jenama Profesional untuk Bangkitkan Ekonomi Sentra Sepatu Cibaduyut

Senin, 05 Desember 2022 – 18:35 WIB
Kemenperin Gandeng Jenama Profesional untuk Bangkitkan Ekonomi Sentra Sepatu Cibaduyut - JPNN.com Jabar
Model sedang mengenakan outfit kolaborasi Adorable Project x Elsiera. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengajak salah satu jenama profesional asal Bandung untuk membangkitkan sentra industri sepatu Cibaduyut.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita mengatakan, kolaborasi perajin sepatu Cibaduyut dengan Adorable Project yang fokus di bidang alas kaki ini diharapkan bisa membuat para pelaku bisnis sepatu di Cibaduyut terus berkembang melahirkan inovasi.

“Kami lakukan bersama, berkolaborasi untuk mendongkrak lagi, menumbuhkan lagi IKM (Industri Kecil dan Menengah) alas kaki Cibaduyut seperti era tahun 90-an,” kata Reni di Bandung, Senin (5/12).

Jenama lokal ini menggandeng 10 IKM sepatu di Cibaduyut. Nantinya para pelaku usaha tersebut akan mendapatkan sejumlah pengalaman menjalankan bisnis di era teknologi saat ini.

Ia menjelaskan, pelaku IKM alas kaki tidak lagi bisa hanya mengandalkan sistem penjualan offline dengan penampilan produk maupun pengemasan yang bersifat konservatif. Apalagi saat ini persaingan bisnis di bidang fesyen khususnya terus meningkat dan pasar yang terus berubah.

“Sehingga transformasi digital dan inovasi menjadi penting mengingat semakin cepat berkembangnya kemampuan industri maupun kebutuhan konsumen yang memberikan dampak signifikan pada proses bisnis industri termasauk di sektor indutsri alas kaki,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan sentra sepat Cibaduyut merupakan salah satu destinasi wajib dikunjungi para wisatawan di era tahun 90-an.

Namun ia menilai saat ini sentra sepatu Cibaduyut kian lesu dibandingkan era tersebut.

Kemenperin menggandeng jenama profesional untuk membangkitkan sentra industri sepatu Cibaduyut agar bisa kembali jaya seperti tahun 90-an.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News