Lewat Program Klinik Keliling, PMI Terus Awasi Kesehatan Korban Gempa Bumi Cianjur

Kamis, 01 Desember 2022 – 22:30 WIB
Lewat Program Klinik Keliling, PMI Terus Awasi Kesehatan Korban Gempa Bumi Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Para korban gempa Cianjur mendapat perawatan di RSUD Sayang Cianjur. Selasa (22/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Palang Merah Indonesia (PMI) terus mengoptimalkan layanan kesehatan melalui klinik keliling untuk memantau kondisi kesehatan para korban gempa bumi Cianjur yang mengungsi di tenda-tenda darurat.

"Selain membuka layanan kesehatan di setiap posko pengungsian, kami pun melakukan klinik keliling dengan menyisir titik pengungsian hingga lokasi yang terisolir," kata personel dari tim kesehatan Rumah Sakit PMI Bogor, dr Antonius Verdy, Kamis (1/12).

Dia menjelaskan layanan kesehatan ini penting untuk para penyintas apalagi mereka yang tinggal di tenda darurat sehingga rentan terserang berbagai penyakit.

Layanan ini merupakan salah satu aksi PMI dalam membantu pemerintah pada operasi tanggap darurat bencana (TDB) gempa.

Warga atau pengungsi yang mengeluh kesehatannya terganggu bisa datang langsung ke pos layanan kesehatan PMI untuk mendapatkan pemeriksaan, obat-obatan dan vitamin.

Tim kesehatan yang melakukan penyisiran ke berbagai lokasi pengungsian juga menyiapkan berbagai obat-obatan serta vitamin yang dibutuhkan para penyintas yang mengalami gangguan kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, para pengungsi mulai terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) , gatal-gatal dan pegal-pegal.

Selain itu, pihaknya juga memeriksa kondisi korban luka dan fraktur atau patah tulang akibat terkena reruntuhan bangunan saat gempa magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) siang.

Lewat program klinik keliling Palang Merah Indonesia (PMI) terus memantau kesehatan korban gempa bumi Cianjur di tenda-tenda dan tempat pengungsian.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News