UAS Siwa SMA, SMK dan SLB di Cianjur Mundur ke Bulan Januari 2023

Rabu, 30 November 2022 – 15:45 WIB
UAS Siwa SMA, SMK dan SLB di Cianjur Mundur ke Bulan Januari 2023 - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat Dedi Supandi. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengundur jadwal ujian akhir semester (UAS) siswa SMA, SMK, dan SLB di Kabupaten Cianjur, imbas dari bencana gempa bumi.

Jadwal UAS yang seharusnya dilaksanakan pada 5 – 17 Desember 2022, terpaksa harus hingga Januari 2023 karena situasi yang belum kondusif.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pascagempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Cianjur, kegiatan belajar mengajar (KBM) di wilayah tersebut untuk sementara tidak menggunakan sistem tatap muka.

“KBM berjalan, ada beberapa pilihan KBM itu yang saya serahkan pilihannya ke satuan pendidikan. Jadi ada yang full daring, ada yang hybrid, dan ada yang bagi shift antara pagi dan siang karena sekolahnya terdampak, ada juga yang melakukan pembelajaran darurat,” katanya dihubungi, Rabu (30/11).

Selain KBM, kata Dedi, pelaksanaan UAS juga harus ditunda karena sekolahan dan ruang kelas yang rusak akibat gempa yang terjadi pada Senin (21/11) lalu.

Bila merujuk Kalender Pendidikan SMA 2022/2023, jadwal UAS digelar pada 5 – 17 Desember dilanjutkan dengan pembagian rapor di pekan selanjutnya.

Namun, khusus pelajar SMA di Cianjur, Disdik Jabar mengundurnya sehingga pelaksanaan UAS digelar pada 9 Januari 2023.

“Untuk ujian akhir semester yang rencananya tanggal 5 – 17 Desember khusus Cianjur UAS-nya kami mundurkan. Kalau melihat kalender akademik setelah itu ada pembagian rapor dan libur sekolah dari tanggal 25 Desember 2022 – 6 Januari 2023, baru masuk sekolah lagi tanggal 9 Januari,” jelasnya.

Imbas gempa bumi, pelaksanaan UAS siswa SMA, SMK, dan SLB di Cianjur mundur ke bulan Januari 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News