Ridwan Kamil Siap Luncurkan Platform Digital Pisodapur untuk Penanganan Bencana Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 – 22:20 WIB
Ridwan Kamil Siap Luncurkan Platform Digital Pisodapur untuk Penanganan Bencana Cianjur - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi penanganan kebencanaan Cianjur dan platform digital Pisodapur. Foto : Humas Jabar.

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan platform digital Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur (Pisodapur) guna memenuhi berbagai kebutuhan logistik warga secara masif dan terukur.

Kang Emil sapaannya mengatakan, dengan Pisodapur sistem menjadi terpusat dan diharapkan mampu menyuplai kebutuhan warga Cianjur korban gempa bumi dengan cepat dan tepat sasaran.

"Kami sedang siapkan pusat data, namanya Pisodapur. Nanti data, foto bantuannya seperti apa termasuk kebutuhan logistik, kelebihan dan kekurangan apa saja nanti muncul di situ," ucapnya.


Nantinya, Pisodapur ini akan bisa diaplikasikan juga untuk membantu korban bencana yang lain, bukan hanya di Cianjur.

Dia menilai, semua permasalahan akan secara bertahap diselesaikan apabila sesuai dengan data. Untuk itu, hadirnya Pisodapur akan melengkapi apa-apa saja yang dibutuhkan warga, dan juga ada progresnya.

"Di sana ada berbasis peta, butuh apa nanti muncul. Kalau warna merah masih berbentuk laporan, kalau kuning sudah ada yang bertindak, kalau sudah hijau tindakan sudah deliver," ujarnya.

Baginya, kunci cepat tanggap dalam penanganan gempa bumi Cianjur adalah disiplin dalam melakukan pertolongan.

"Jadi kunci dari cepat beresnya tanggap darurat adalah kedisiplinan. Disiplin bagi yang membantu, disiplin bagi yang minta tolong, disiplin bagi yang melakukan tugas kenegaraan," terangnya.

Ridwan Kamil akan meluncurkan platform digital Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur (Pisodapur) guna memenuhi berbagai kebutuhan logistik
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News