Puluhan Perusahaan Tanah Air Diganjar Penghargaan Indonesia PR Top Leader Awards 2022

Kamis, 06 Oktober 2022 – 02:25 WIB
Puluhan Perusahaan Tanah Air Diganjar Penghargaan Indonesia PR Top Leader Awards 2022 - JPNN.com Jabar
Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Seiring dengan makin masif dan kemajuan digitalisasi, sektor kehumasan dan public relation (PR) turut mengalami pergeseran.

Profesi kehumasan dan PR juga mulai mendominasi lanskap digital.

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong.

Usman mengatakan humas di era 4.0 sudah sering digaungkan, hanya saja kemunculan Covid-19 membuat semuanya harus siap tidak siap untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari aktivitas kerja kehumasan dan penyusunan strategi komunikasi publik harus dilakukan secara cepat," kata Usman Kansong, dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10).

Berdasarkan data The Global State of Digital PR, lanskap kehumasan dan PR berada di aspek manajemen dan kampanye media sosial 77 persen, pemasaran konten 77 persen, pemasaran influencer 67 persen, dan SEO 56 persen.

Kehumasan dan PR juga telah menjadi peran penting dalam perkembangan bisnis.

Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kementerian Sekretariat Negara RI, Gogor Oko Nurharyoko mengatakan di era disrupsi ini sudah terjadi pergeseran paradigma pada peran kehumasan.

Puluhan perusahaan tanah air diganjar penghargaan Indonesia PR Top Leader Awards 2022, Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News