Jalankan Instruksi Presiden Jokowi, Pemkab Bekasi Fokus Tangani Inflasi

Senin, 03 Oktober 2022 – 21:10 WIB
Jalankan Instruksi Presiden Jokowi, Pemkab Bekasi Fokus Tangani Inflasi - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi, Jabar, Dani Ramdan. (FOTO ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengendalikan inflasi di daerah dengan mengambil langkah konkret yang lebih detail.

"Presiden mengarahkan semua kepala daerah untuk melakukan langkah nyata, bukan hanya makro tetapi sampai ke mikro," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Senin (3/10).

Dia mengatakan sebagai langkah awal, pihaknya melakukan pengawasan intensif terhadap harga-harga kebutuhan pokok masyarakat khususnya di pasar tradisional, toko ritel modern, dan pusat perbelanjaan.

"Apabila ada kenaikan harga, Pemkab Bekasi akan melaksanakan operasi pasar atau mendatangkan produk kebutuhan pokok dari luar daerah dengan memanfaatkan subsidi pemerintah agar pasokan tetap terjaga," katanya.

Menurut dia, berbagai langkah nyata perlu dilakukan untuk menyelamatkan perekonomian masyarakat, sebab jika tidak segera ditangani, maka bisa berdampak buruk di berbagai aspek, seperti peningkatan kemiskinan, pengangguran, serta kriminalitas.

"Implikasinya ke negara kita sudah mulai terasa. Jika tidak segera ditangani, maka bisa berdampak pada perekonomian yang menurun, ekspor bisa menurun, industri juga menurun. Dampak dari industri menurun pasti ada PHK, pengangguran, kemiskinan, bahkan sampai kriminalitas," katanya.

Dani menyebutkan arahan Presiden adalah terkait pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Presiden Joko Widodo, kata dia, mengarahkan pemerintah daerah menekan inflasi dengan mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) dan biaya tak terduga (BTT) untuk meningkatkan produksi kebutuhan pokok serta membantu distribusi, sehingga mampu menekan kenaikan harga.

Pemkab Bekasi siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengendalikan inflasi di daerah dengan mengambil langkah konkret yang lebih detail.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News