Jembatan Antardusun Kubang Sukabumi Putus, Ratusan Warga Harus Rela Menantang Maut

Rabu, 28 September 2022 – 11:30 WIB
Jembatan Antardusun Kubang Sukabumi Putus, Ratusan Warga Harus Rela Menantang Maut - JPNN.com Jabar
Pasca-jembatan gantung yang menghubungkan Kedusunan I Cumanggala dengan Kedusunan II Bantargadung Girang di Kampung Kubang, Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat warga nekat menyeberang melalui aliran sungai. ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Bantargadung, Sihabudin mengatakan jembatan gantung yang merupakan penghubung antara Kedusunan I Cumanggala dengan Kedusunan II Bantargadung Girang di Kampung Kubang, Kabupaten Sukabumi, harus segera dibangun kembali.

"Jembatan gantung ini merupakan akses utama warga dari dua dusun tersebut, sehingga perlu segera diperbaiki secepatnya," kata Sihabudin, Rabu (28/9).

Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bantargadung, Kabupaten Sukabumi dalam upaya percepatan renovasi jembatan gantung ini.

Sebab sejak jembatan ini putus pada Jumat, (23/9) warga yang hendak menyeberang harus nekat melintasi aliran sungai yang cukup deras dan ini tentunya mengancam keselamatan warga.

Keberadaan jembatan ini cukup vital bagi warga di dua dusun itu karena tidak hanya mengganggu aktivitas perekonomian, tetapi juga pendidikan dan lainnya.

Selain harus cepat dibangun kembali juga lokasinya harus dipindah karena jika dipaksakan dibangun di tempat yang sama khawatir jika Sungai Cigadung kembali banjir bandang jembatan itu berpotensi rusak kembali.

Kepala Dusun Bantargadung, Budi mengatakan jembatan ini merupakan akses utama warganya, pascaterputus masyarakat terpaksa harus menyeberangi sungai karena jika memutar cukup jauh.

"Untuk siang hari dan kondisi arus sungai tidak deras warga masih bisa melaluinya. Jembatan ini merupakan akses perhubungan 24 jam warga, setelah terputus aktivitas sangat terganggu," tambahnya.

Petugas P2BK Bantargadung meminta agar pembangunan jembatan gantung di atas aliran Sungai Cigadung bisa segera dilakukan demi mempermudah mobilitas warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News