Iwan Bule: Kehadiran Shin Tae Yong Perkuat Hubungan Indonesia dan Korea Selatan

Senin, 26 September 2022 – 21:30 WIB
Iwan Bule: Kehadiran Shin Tae Yong Perkuat Hubungan Indonesia dan Korea Selatan - JPNN.com Jabar
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Hubungan bilateral yang makin menguat antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) saat ini, tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan "Diplomasi Sepakbola" yang dijalankan dengan baik oleh dua figur sentral Shin Tae Yong (STY) dan Iwan Bule.

Strategis diplomasi sepakbola itu ditandai dengan mengundang khusus STY dalam jamuan makan kenegeraan Presiden Korsel untuk Presiden Jokowi saat kunjungan ke Korsel, Juli 2022 lalu.

Selain para tokoh penting dan pejabat tinggi negara, hadir dalan jamuan makan itu para pengusaha raksasa dari kedua negara

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong digadang-gadang oleh Pemerintah Indonesia menjadi penghubung spesial bilateral Indonesia dan Korea Selatan.

Hal ini pun ditanggapi serius oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebagai seseorang yang mengundang Shin Tae Yong ke Indonesia.

Iriawan, banyak hal yang bisa menguntungkan Indonesia melalui hubungan persahabatan dua negara ini lewat Shin Tae Yong.

"Korea Selatan merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya sama seperti Indonesia. Hanya saja kekuatan budayanya tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga bisa dijual bahkan menjadi ikon global. Sedangkan Indonesia belum punya pakem khusus untuk memonetisasi kekayaan budayanya ini," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (26/9).

Iwan menuturkan, Pemerintah Indonesia bisa memanfaatkan Shin Tae Yong untuk meminta negara asalnya untuk melatih Indonesia dalam komersialisasi budaya. Namun, dengan catatan tanpa melanggar norma yang ada.

Kehadiran pelatih timnas Shin Tae Yong (STY) dapat mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News