Begini Cara Pemkab Sukabumi Meningkatkan Keahlian dan Keselamatan Nelayan Saat Melaut

Kamis, 18 Agustus 2022 – 22:00 WIB
Begini Cara Pemkab Sukabumi Meningkatkan Keahlian dan Keselamatan Nelayan Saat Melaut - JPNN.com Jabar
Ilustrasi nelayan. ANTARA/Hayaturrahmah

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mendorong para nelayan yang beraktivitas di laut selatan Kabupaten Sukabumi, untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuannya dalam pelayaran datar dan keselamatan di kapal.

"Untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuannya tersebut, kami kerap memberikan pelatihan kepada para nelayan, salah satunya bimbingan teknis sertifikasi kecakapan nelayan (SKN) yang merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," kata Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati, pada Kamis, (18/8).

Menurut Nunung peningkatan keahlian dan pengetahuan nelayan ini sangat penting karena dunia perikanan tangkap saat ini sudah semakin berkembang, bahkan kapal yang digunakan untuk menangkap ikan sudah mulai canggih.

Maka dari itu, nelayan Sukabumi harus mampu meningkatkan pemahamannya tentang teknologi perikanan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil tangkapan, mempermudah menentukan lokasi tangkap dan tentunya meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan laut.

Selain itu, pihaknya pun terus berupaya memoderenisasi alat tangkap nelayan Kabupaten Sukabumi dengan memberikan bantuan berupa alat tangkap.

Bimtek yang rutin juga dilakukan pihaknya untuk mendukung implementasi kebijakan penangkapan ikan terukur dan pengembangan kampung nelayan maju.

"Kami berharap nelayan memiliki kompetensi, khususnya dalam pelayaran datar dan keselamatan di kapal, hal itu untuk meningkatkan daya saing dan posisi tawar para nelayan" tambahnya.

Nunung mengatakan Kabupaten Sukabumi memiliki garis pantai sepanjang 117 km yang di dalamnya terkandung sumber daya laut yang mumpuni, tetapi belum maksimal dimanfaatkan.

Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi fokus berikan pelatihan kepada para nelayan demi meningkatkan pengetahuannya dalam pelayaran datar dan keselamatan di kapal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News