Pemkab Purwakarta Beri Ganti Rugi Sawah yang Terdampak Air Lindi TPA Cikolotok

Jumat, 12 Agustus 2022 – 18:18 WIB
Pemkab Purwakarta Beri Ganti Rugi Sawah yang Terdampak Air Lindi TPA Cikolotok - JPNN.com Jabar
Petugas meninjau sawah yang terdampak air lindi di Kabupaten Purwakarta, Jabar, Jumat (12/8/22022). (FOTO ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyiapkan ganti rugi untuk areal persawahan yang terdampak air lindi dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cikolotok.

"Sebelumnya petani Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan mengeluhkan areal sawahnya yang terdampak air lindi dari TPA Cikolotok. Jadi, atas laporan itu langsung kami respons," kata Bupati Purwakarta,t Anne Ratna Mustika, Jumat (12/8).

Dia mengatakan setelah diukur oleh tim dari Dispangtan Purwakarta, luas sawah yang terdampak sekitar 1 hektare.

"Sesuai dengan regulasi pemberian asuransi petani, maka akan diberikan ganti rugi atau kompensasi Rp6 juta per hektare," katanya.

Menurut bupati salah satu penyebab limpahan air lindi tersebut adalah karena kondisi bangunan penampungan leachet atau air limbah sudah tidak memadai, sehingga melimpas ke sungai yang mengalir ke areal persawahan di sekitar TPA Cikolotok.

"Kondisi tersebut juga diperparah oleh musim kemarau, limpasan air limbah masuk ke badan sungai dan merembes ke sawah yang digarap oleh warga," ujarnya.

Selain melakukan ganti rugi, Pemkab Purwakarta juga akan membangun tanggul sementara, agar air limpasan limbah tidak masuk ke areal pesawahan.

"Untuk penanganan lahan yang terimbas oleh longsoran sampah, sudah dilakukan survei ke lokasi dan alokasi anggaran sudah teralokasi di Dinas Lingkungan Hidup pada APBD tahun 2023," kata Anne Ratna Mustika. (antara/jpnn)

Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyiapkan uang ganti rugi untuk areal persawahan yang terdampak air lindi dari TPA Sampah Cikolotok.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News