Ridwan Kamil Berikan Tips Agar Indonesia Tidak Ketergantungan Produk Impor

Jumat, 12 Agustus 2022 – 17:51 WIB
Ridwan Kamil Berikan Tips Agar Indonesia Tidak Ketergantungan Produk Impor - JPNN.com Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Menteri KUMKM Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam pembukaan acara 'Hari UMKM Nasional' di Cihampelas Walk, Jumat (12/8). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat untuk mendata berbagai potensi perekonomian dari semua provinsi terutama yang menyangkut usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini penting dilakukan agar Indonesia bisa terlepas dari ketergantungan produk impor.

Pria yang karib disapa Kang Emil itu menuturkan, Indonesia harus keluar dari ketergantungan akan produk impor.

Apalagi, lanjut Emil, di saat situasi ekonomi global yang tidak menentu ini, perekonomian dalam negeri bisa terpuruk jika masih bergantung pada barang-barang buatan luar negeri.

"Dunia sedang tidak baik-baik saja. Agar tidak terjebak negara lain, kuncinya perbanyak perdagangan dalam negeri," katanya saat menghadiri Hari UMKM Nasional di Cihampelas Walk, Jumat (12/8).

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah pusat agar segera mendata potensi masing-masing provinsi terutama yang menyangkut UMKM.

Data ini sangat diperlukan, agar setiap wilayah bisa mengetahui ihwal ketersediaan produk di daerahnya masing-masing. Sehinga, Pemerintah tidak perlu sampai harus membeli barang dari Cina.

"Jadi ketika kami perlu apa-apa, tahu barangnya ada di mana. Tidak perlu beli dari Cina," ujarnya.

Di Hari UMKM Nasional, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sampaikan strategi agar Indonesia bisa terlepas dari penggunaan produk impor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News