Cara Menghindari Virus Cacar Monyet Lengkap Dengan Ciri Gejalanya Versi Dinkes Karawang

Selasa, 09 Agustus 2022 – 16:51 WIB
Cara Menghindari Virus Cacar Monyet Lengkap Dengan Ciri Gejalanya Versi Dinkes Karawang - JPNN.com Jabar
Ilutsrasi cacar monyet atau monkey pox. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang mengimbau agar masyarakat mewaspadai atas kemungkinan munculnya virus cacar monyet.

"Kita harus waspada, tetapi jangan panik," kata Kepala Dinkes Karawang dr Endang Suryadi, Selasa (9/8).

Dia menyampaikan kewaspadaan terhadap virus cacar monyet bisa dilakukan oleh masyarakat dengan cara sederhana, yakni membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

Menurut dia di tengah kemunculan virus cacar monyet ini pola hidup bersih dan sehat harus diterapkan.

“Cacar monyet itu kan penyakit akibat virus, wabah ini mulai banyak terdapat di beberapa negara, yang terdekat dengan Indonesia itu ada di Singapura. Sedangkan di Indonesia, baru ada satu suspek terpapar cacar monyet di wilayah Jawa Tengah,” kata dia.

Meski baru ada satu suspek, tetapi masyarakat harus tetap waspada.

“Saya tahu sampai kemarin malam baru diduga satu (pasien terpapar), di Jawa Tengah. Di Jakarta dan Jawa Barat belum ada dan mudah-mudahan jangan sampai ada,” katanya.

Seperti pada umumnya penyakit cacar, gejala virus cacar monyet di antaranya sakit kepala, demam akut, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, sakit punggung, hingga munculnya cacar.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang menjelaskan cara menghindari dan mengetahui virus cacar monyet. Begini penjelasan lengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News