Hanya Kendaraan Berkriteria Ini yang Boleh Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

Kamis, 30 Juni 2022 – 10:55 WIB
Hanya Kendaraan Berkriteria Ini yang Boleh Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina - JPNN.com Jabar
Mulai 1 Juli 2022 nanti, 11 daerah ini wajib menggunakan aplikasi mypertamina saat membeli pertalite dan solar. Ilustrasi SPBU: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah akan memberlakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Ketentuan beli pertalite lewat aplikasi MyPertamina tersebut bertujuan agar penyaluran subsidi BBM bisa tepat sasaran.

Untuk itu, ada beberapa jenis kendaraan yang terkena pembatasan pembelian Pertalite dan Solar.

Kebijakan itu direvisi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan hingga kini pihaknya masih mendiskusikan mengenai kriteria yang masuk sebagai kategori mobil mewah.

"Untuk sementara bagi pemilik mobil atau kendaraan roda empat atau yang memiliki kapasitas mesin 2.000 cc ke atas," ujar Saleh, Selasa (28/6).

Selain itu, bagi yang memiliki kendaraan roda dua atau sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas, juga dibatasi saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi.

Namun, kategori mobil mewah yang dilarang untuk beli Pertalite dan Solar belum diterbitkan oleh pemerintah secara resmi.

Tidak semua kendaraan bisa beli pertalite dan solar pakai MyPertamina, begini penjelasan lengkapnya, simak sampai habis yah!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News