Tips Mencegah Kebakaran Rumah Versi Damkar Kota Depok

Kamis, 26 Mei 2022 – 17:45 WIB
Tips Mencegah Kebakaran Rumah Versi Damkar Kota Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kebakaran. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Korsleting listrik menjadi salah satu penyebab terbanyak kebakaran di Kota Depok.

Untuk mencegah kejadian tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok membagikan tips untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

Kepala Damkar Depok Raden Gandara Budiana mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terjadi korsleting listrik.

“Pertama, gunakan peralatan elektronik sesuai dengan prosedur dan kualitas standar yang ditetapkan, serta tidak menggunakan satu stop kontak untuk banyak barang elektronik,” tutur Gandara, Kamis (26/5).

Selanjutnya, Gandara menyarankan agar masyarakat melakukan perawatan dan pengecekan instalasi listrik secara berkala, setidaknya dalam waktu 10 tahun.

“Pengecekan instalasi listrik ini bisa dilakukan secara mandiri ataupun bisa melalui petugas PLN,” teranganya.

Selain itu, setelah selesai menggunakan alat elektronik diimbau untuk langsung dimatikan, dan tidak mengganti atau memutus sekring listrik induk tanpa seizin PLN.

Ketika ingin memasang atau menambah instalasi listrik baru, hendaknya menggunakan instalator resmi dan dipasang oleh petugas yang memiliki keahlian dan yang berwewenang.

Damkar Kota Depok memberikan sejumlah tips untuk mencegah terjadinya korsleting listrik, yang kini mendominasi penyebab kebakaran di Kota Depok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News