Lihat, RSHS Bandung Pisahkan Bayi Kembar Siam Zaina dan Zahira

Rabu, 25 Mei 2022 – 20:00 WIB
Lihat, RSHS Bandung Pisahkan Bayi Kembar Siam Zaina dan Zahira - JPNN.com Jabar
Bayi kembar siam asal Sukabumi atas nama Queenetha Zaina dan Quuenesha Zahira berhasil dipisahkan oleh tim dokter bedah RSHS Bandung. (Foto: Dokumentasi RSHS Bandung)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bayi kembar siam asal Sukabumi, Queenetha Zaina dan Quuenesha Zahira, hari ini berhasil dipisahkan.

Tim dokter dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, siang tadi melakukan operasi pemisahan bayi berusia 11 bulan itu.

Setelah dilakukan operasi selama hampir 3,5 jam, tim dokter menyatakan operasi pemisahan berjalan lancar dan dinyatakan berhasil.

Ketua Tim Kembar Siam dr Dikki Drajat mengatakan, selama jalannya operasi, salah satu yang cukup memakan waktu lama yaitu saat memisahkan bagian liver yang dempet.

“Pemisahan dilakukan dimulai dari dinding perut, dinding dada, bagian dalam yang dempet atau fusi adalah liver. Livernya menempel dengan ukuran 6cm panjang 10cm,” kata Dikki ditemui seusai operasi di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Rabu (25/5).

Kemudian, bagian lain yang agak kompleks adalah pemisahan bagian dinding dada. Di mana bagian depan menempel yang mempengaruhi selaput jantung.

Namun, untungnya masing-masing pasien memiliki jantung terpisah dan bisa diatasi oleh tim bedah toraks.

“Masing-masing pasien mempunyai selaput jantung tetapi ada penempelan juga, agak dempet kurang lebih 1cm, tidak begitu menyulitkan bagi tim bedah toraks untuk menanganinya, jadi ditutup dengan mudah,” jelasnya.

Tim dokter bedah RSHS Bandung lakukan operasi pemisahan bayi kembar siam asal Sukabumi, Zaina dan Zahira. Operasi memakan waktu tiga jam lebih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News