Tak Kantongi SKKH, Dua Mobil Pembawa Sapi Diputarbalikkan Polisi

Selasa, 24 Mei 2022 – 22:59 WIB
Tak Kantongi SKKH, Dua Mobil Pembawa Sapi Diputarbalikkan Polisi - JPNN.com Jabar
Personel Polsek Sukalarang memutar balik dua unit kendaraan bak terbuka yang mengangkut tiga ekor sapi dari Kabupaten Bogor yang hendak masuk ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat karena tidak dilengkapi SKKH. ANTARA/Aditya Rohman.

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Petugas yang tengah bersiaga di Pos Pengamanan Polsek Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, bertindak tegas dengan memutar balik dua kendaraan bak terbuka pengangkut sapi yang hendak masuk ke Kabupaten Sukabumi.

Kepala Polsek Sukalarang, AKP Asep Jaenal Abidin mengatakan, kedua kendaraan itu diputar balik petugas karena sapi yang dibawa tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

"Tindakan tegas ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Sukabumi," katanya, Selasa (24/5).

Menurut dia, hingga saat ini personel sudah beberapa kali menahan dan memutar balik kendaraan pengangkut hewan ternak dari luar Sukabumi saat melintas di jalur perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur tepatnya di Kecamatan Sukalarang.

Seperti kasus yang baru saja ditemukan ini, modusnya sengaja mengirim tiga sapi jantan dari Kabupaten Bogor pada malam hari untuk menghindari pemeriksaan dari petugas gabungan di Pospam Polsek Sukalarang.

Namun demikian, aksi percobaan pengiriman tiga sapi jantan tanpa dilengkapi SKKH dari dinas terkait asal daerah itu digagalkan dan dua unit mobil bak terbuka itu dilarang masuk ke Kabupaten Sukabumi dan diarahkan kembali ke daerah asal.

"Diduga sopir sengaja mengirim sapi dari Kabupaten Bogor melalui jalur Puncak-Cianjur agar bisa terhindar dari pemeriksaan petugas. Tetapi, upayanya itu gagal karena kami menyiagakan personel di pospam 24 jam," tambahnya.

Dia mengatakan, meskipun dari hasil pemeriksaan terhadap tiga sapi tidak ditemukan gejala mengidap penyakit mulut dan kuku, tapi polisi tidak ingin mengambil resiko karena hewan ternak itu tidak dilengkapi SKKH. (antara/jpnn)

Petugas di Pos Pengamanan Polsek Sukalarang memutar balik dua kendaraan bak terbuka pengangkut sapi, karena tidak dilengkapi SKKH.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News