Antisipasi Lakalantas, Polisi Periksa Kelaikan Bus di Terminal Garut

Selasa, 24 Mei 2022 – 21:30 WIB
Antisipasi Lakalantas, Polisi Periksa Kelaikan Bus di Terminal Garut - JPNN.com Jabar
Polisi melakukan operasi pemeriksaan kelayakan operasional bus di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (24/5/2022). (ANTARA/HO-Polres Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Dalam rangka mengantisipasi dan meminimalisir adanya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukumnya, Polres Garut melakukan pemeriksaan kelaikan bus pariwisata di Terminal Garut.

Pasalnya, salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di antaranya kondisi bus yang tak laik jalan.

Pemeriksaan ini dilakukan bersama-sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut.

"Kami melakukan pengecekan baik administrasi maupun kelayakannya," kata KBO Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Suwarna saat melakukan operasi pemeriksaan kelaikan bus di sekitar Terminal Garut, Selasa (24/5).

Dia menuturkan, Polres Garut bersama petugas Dishub Garut melakukan pemeriksaan di sejumlah tempat perusahaan bus untuk mengecek langsung fungsi penting kendaraan termasuk administrasinya seperti izin operasional.

Hasil pemeriksaan bus, kata dia, rata-rata bus di Garut berasal dari luar kota, meski begitu tetap diperiksa dan mengingatkan kepada perusahaan agar mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Walaupun nomor kendaraan dari luar Garut, kami berupaya untuk melakukan penjelasan kepada pengusaha bus ," katanya.

Menurutnya, tujuan pemeriksaan kali ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang salah satunya disebabkan kendaraan yang tidak layak beroperasi membawa penumpang

Antisipasi adanya kecelakaan lalu lintas akibat bus yang tak laik jalan, Polres dan Dishub Garut lakukan sidak pemeriksaan kelaikan bus di terminal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News