Ratusan Hewan Ternak Terjangkiti PMK, Pemkab Garut Bentuk Tim Khusus

Selasa, 17 Mei 2022 – 23:00 WIB
Ratusan Hewan Ternak Terjangkiti PMK, Pemkab Garut Bentuk Tim Khusus - JPNN.com Jabar
Sejumlah petugas mengecek sapi di tempat peternakan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut serius dalam menyikapi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayahnya. Salah satunya dengan membentuk tim satuan tugas (satgas) PMK.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, pembentukan satgas khusus PMK merupakan respons dari Pemkab Garut atas wabah yang mematikan tersebut.

Kendati demikian, kata Helmi, Pemkab Garut selama ini sudah melakukan langkah antisipasi dengan menurunkan tim kesehatan hewan dari Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kelautan Kabupaten Garut dengan memeriksa semua hewan ternak jenis sapi maupun domba.

"Kami membentuk 'crisis center' dan satgas, yang kami harapkan akan bisa mengendalikan penyakit ini," kata Helmi di Garut, Selasa (17/5).

Helmi menyebut, tim khusus atau satgas PMK melibatkan unsur kepolisian yang bertugas menangani langsung penyebaran, pengendalian, pengobatan terhadap hewan ternak yang terdampak wabah PMK.

"Satgas ini ada dari pemerintah daerah, ada juga dari kepolisian," katanya.

Dia menyampaikan, berdasarkan laporan di lapangan ada 517 sapi yang sejak beberapa hari ke belakang terjangkit wabah PMK dengan kondisi mulutnya berliur, serta kuku melepuh.

Tim satgas itu, kata dia, sudah diterjunkan untuk memantau terus setiap perkembangan hewan ternak yang sudah menunjukkan gejala terjangkit agar tidak menular ke hewan lainnya.

Pemkab Garut bentuk tim khusus atau satgas demi mencegah penyebaran wabah PMK yang semakin meluas pada hewan ternak di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News